Etika Membuka Pintu dan Duduk Ketika Interview

Etika Membuka Pintu dan Duduk Ketika Interview – Interview adalah salah satu kegiatan yang dimanfaatkan oleh HRD untuk mengenali lebih dalam tentang kandidat karyawan atau sebaliknya.

Oleh karena alasan tersebut, Interview menjadi satu proses wajib dalam perekrutan karyawan. Melakukan interview juga ada etikanya seperti etika membuka pintu dan duduk ketika interview.

Secara garis besar, Interview dibagi kedalam beberapa proses tergantung perusahaan. Beberapanya yaitu adalah interview dengan pihak HRD, User serta dengan manajemen perusahan secara langsung.

Proses interview dengan HRD biasanya terkait dengan personality seperti kemampuan pribadi secara umum. Biasanya kemampuan yang dites adalah kemampuan pemecahan masalah, negosiasi, perhitungan atau juga kemampuan beradaptasi.

Proses interview dengan user biasanya berkaitan dengan kemampuan akademis serta teknis yang berkaitan dengan pekerjaan nantinya. Oleh karena itu, anda diwajibkan untuk mengingat kembali pelajaran anda ketika anda kuliah dulu.

Sedangkan untuk manajemen biasanya lebih cenderung tentang seberapa jauh anda mengenal perusahaan tersebut. Visi misi perusahaan serta visi misi anda sendiri dalam beberapa tahun kedepan.

Etika Membuka Pintu dan Duduk Ketika Interview

Dalam melakukan proses interview, anda diharuskan untuk menunjukkan kualitas terbaik diri anda karena proses ini memberikan peranan yang penting dan signifikan karena membentuk kesan pertama terhadap diri anda.

Kesan pertama menjadi sebuah kunci sehingga kesan yang baik akan memberikan anda kesempatan yang jauh lebih baik untuk dapat diterima di perusahaan yang anda lamar. Oleh karena itu anda perlu tahu beberapa etika seperti etika membuka pintu dan duduk ketika interview.

Etika Membuka dan Menutup Pintu

Kesan pertama terbentuk mulai dari ketika anda membuka dan menutup pintu ruangan interview anda. Ada beberapa hal yang harus anda lakukan guna memberikan kesan baik pada anda.

Etika Membuka Pintu

Ketika anda membuka pintu, bukalah dengan tangan kanan. Ini menunjukkan bahwa anda adalah orang yang sopan serta memiliki kepribadian dan attitude yang baik. Ini akan memberikan pertimbangan tersendiri bagi HRD.

Etika Masuk Kedalam Ruangan

Etika membuka pintu dan duduk ketika interview selanjutnya adalah ketika anda ingin masuk ke dalam ruangan. Sikap ini akan menunjukkan seberapa antusias anda dengan proses interview.

Selain itu, ini juga menunjukkan seberapa percaya diri anda terhadap diri anda sendiri. Jangan sekali kali tubuh dan wajah anda menghadap pintu ketika anda masuk ke dalam ruang interview.

Hal ini menunjukkan bahwa anda tidak percaya pada diri dan kemampuan anda sendiri. Bagaimana rekruiter akan mempercayai anda jika anda sendiri tidak percaya diri ?

Etika Menutup Pintu

Ketika anda ingin menutup pintu, tutuplah pintu dengan menggunakan tangan kiri dan posisi tubuh serta wajah anda menghadap ke depan. Tunjukkan senyum terbaik yang anda punya.

Tentu hal ini akan memberikan aura positif terhadap diri anda serta membuat suasana yang ada di dalam ruangan menjadi lebih baik dan ceria.

Etika Duduk

Etika membuka pintu dan duduk ketika interview yang akan dibahas selanjutnya adalah ketika anda akan duduk di tempat yang sudah dipersilakan oleh rekruiter.

Duduk Secara Perlahan

Ketika anda duduk, pastikan anda duduk secara perlahan dan tidak terburu buru. Ini akan menunjukkan bahwa anda tidak gugup dan santai ketika menghadapi interview.

Selalu berhati hati dan pastikan bahwa tubuh anda tidak akan terjengkang kebelakang ketika anda akan duduk.

Jangan Bersandar

Jika sudah duduk, pastikan anda tidak bersandar pada kursi meskipun kursi yang disediakan akan membuat anda nyaman ketika anda bersandar. Hal ini akan memberikan kesan bahwa anda adalah orang yang pemalas.

Etika membuka pintu dan duduk ketika interview selanjutnya adalah posisikan tubuh anda dalam keadaan tegap dan tidak bungkuk. Postur tubuh tegap memberikan kesan baik dan mempercayai anda.

Duduk Dengan Posisi Formal

Duduk lah dalam posisi formal ketika anda melakukan interview. Posisikan duduk anda agar dalam keadaan rapat dan tidak mengangkang. Terlebih lagi jika anda seorang perempuan.

Hal ini sangat tidak etis karena akan memberikan penilaian negatif terhadai diri anda. Anda bisa memilih 3 posisi duduk formal, yaitu :

  • Kaki rapat kedepan.
  • Kaki rapat kesamping.
  • Kaki rapat kesamping menyilang.

Anda juga bisa menumpangkan telapak tangan anda di atas paha untuk memberikan kesan yang lebih baik lagi.

Penutup

Itu dia tips interview ketika anda ingin membuka pintu dan duduk pada saat proses interview berlangsung. Pastikan anda mengikuti tipsnya dengan benar agar peluang anda diterima menjadi lebih besar.