Tips Membuat CV Agar Diterima Kerja

Tips Membuat CV Agar Diterima Kerja – Di masa sekarang sedang banyak perusahaan yang kembali membuka lowongan kerja karena pandemi kini semakin menurun kasusnya.

Oleh karena itu, anda harus tahu tips membuat CV agar diterima kerja sehingga 2022 ini anda sudah siap kerja dan kembali merintis karir anda. Terlebih lagi jika anda adalah fresh graduate atau lulusan baru.

Anda perlu mengetahui cara membuat CV yang menarik di mata HRD sehingga anda mampu bersaing dengan orang orang yang sudah memiliki pengalaman. CV sendiri adalah langkah pertama bagi HRD untuk mengenal anda.

Pada dasarnya, dengan meningkatnya jumlah pelamar membuat HRD atau rekruter menjadi lebih selektif sehingga anda dituntut untuk menjadi lebih kreatif baik dalam membuat CV atau melakukan proses interview.

Untuk saat ini, sudah ada beragam format CV yang tersedia di internet yang bisa anda gunakan untuk desain CV anda. Namun tahukah anda bahwa belakangan ini sedang ramai penggunaan CV ATS. Apa itu CV ATS ?

Pengertian ATS 

ATS atau Applicant Tracking System adalah sebuah sistem yang kini digunakan untuk melakukan tracking atau pelacakan yang berfungsi untuk melakukan seleksi pada CV yang dikirim oleh pelamar.

Proses seleksi biasanya didasarkan pada pengalaman kerja, jurusan, IPK dan beragam faktor lainnya. Dengan kata lain, ATS bisa memberikan kemudahan bagi rekruter untuk melakukan proses rekrutmen karyawan.

Secara singkat, ATS sendiri merupakan sebuah proses yang sangat krusial karena di tahap inilah akan menentukan apakah anda bisa lanjut proses seleksi atau gagal di proses awal.

Tips Membuat CV Agar Diterima Kerja

Agar mampu lolos seleksi administratif atau seleksi pertama dalam mencari pekerjaan. Anda harus melakukan beberapa tips yang akan meningkatkan peluang kamu untuk mendapatkan pekerjaan.

Buat CV ATS Friendly

Tips membuat CV agar diterima kerja yang pertama adalah pastikan CV yang anda buat sudah ATS Friendly. Dengan membuat CV ATS Friendly, anda sudah melakukan langkah pertama anda untuk mendapatkan pekerjaan pertama anda.

Gunakan Font Yang Umum Dipakai

Selalu gunakan font yang umum digunakan oleh orang banyak namun tetap profesional. Anda dituntut untuk mengurangi penggunaan font yang kurang formal seperti Comic Sans.

Font yang tidak formal memberikan kesan tidak profesional kepada anda. Selain itu, font juga memberikan pengaruh yang cukup signifikan pada proses seleksi ATS.

Gunakan font yang sudah umum dipakai seperti Arial, Times New Roman, Helvetica dan lain lain.

Jangan Menggunakan Desain Yang Terlalu Berlebihan

Tips membuat CV agar diterima kerja selanjutnya adalah dengan mengurangi desain yang tidak bermanfaat. Desain yang berlebihan dapat berupa pernak pernik atau aksesoris yang justru membuat anda terkesan alay.

Gunakanlah desain yang simpel atau sederhana namun tetap terlihat rapi dan enak dipandang serta dibaca. Hal ini juga akan membuat CV anda lebh dikenali oleh sistem ATS.

Tonjolkan Pengalaman

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. ATS dapat melakukan proses seleksi dengan mengaitkan pengalaman anda dengan posisi yang akan anda lamar. Oleh karena itu, anda bisa tonjolkan pengalaman anda.

Pengalaman disini bisa berupa pengalaman kerja atau pengalaman organisasi. Selain itu, menonjolkan pengalaman anda bisa memberikan kesan positif pada rekruter yang menunjukkan bahwa anda adalah orang yang produktif.

Simpan Dalam Format PDF

Tips membuat CV agar diterima kerja yang terakhir adalah memastikan diri anda untuk menyimpan file CV anda ke dalam format PDF. Mengapa demikian ?

Ketika anda menyimpan lamaran pekerjaan dalam bentuk PDF, hal tersebut mempermudah rekruter dalam mendownload seluruh file lamaran anda yang terdiri dari CV, ijazah, sertifikasi dan lain lain.

Selain itu, dengan menggunakan format PDF, anda juga bisa menekan ukuran file serendah mungkin tanpa mengurangi kualitas gambar yang ada. Dengan begini, anda juga sudah mempermudah tugas rekruter dalam mendownload file lamaran anda.

Jika ukuran file anda terlalu besar, kemungkinan rekruter tidak akan mendownload file lamaran kerja anda karena ini akan memakan waktu yang banyak dalam melakukan proses download.

Akhir Kata

Setelah melakukan seluruh tips yang ada, pastikan langkah terakhir ini tidak anda lewatkan. Selalu berdoa sebelum melakukan apapun.