Tips Membuat CV ATS Friendly

Tips Membuat CV ATS Friendly –¬†Sebagai seorang pelamar, anda dituntut untuk menjadi orang yang kreatif serta menarik sehingga rekruter akan mempertimbangkan value yang anda miliki.

Untuk bisa mengetahui value anda, langkah pertama yang dibutuhkan adalah dengan menganalisa CV yang anda kirim kepada rekruter. Oleh karena itu, anda harus tahu tips membuat CV ATS Friendly agar CV anda lebih menarik dimata rekruter.

Jika anda masih tidak paham apa yang dimaksud dengan CV ATS Friendly, anda bisa menemukan jawabannya disini.

Pengertian ATS

Sebelum masuk ke pembahasan utama tentang tips membuat CV ATS Friendly, kamu harus tahu terlebih dahulu tentang ATS. ATS adalah kependekan dari Applicant Tracking System dimana sistem ini bertujuan untuk melakukan proses seleksi pada CV pelamar.

Sistem ini muncul guna mengurangi beban seorang rekruter dalam melakukan proses sortir dokumen dimana proses ini merupakan salah satu proses pertama namun cukup krusial. Bisa dibayang seorang rekruter harus menyeleksi ribuan berkas hanya dalam beberapa waktu saja.

Tentunya hal tersebut akan sangat merepotkan dan juga menyita banyak waktu. Oleh karena itu, lahirlah sistem ATS tersebut.

Sistem ATS melakukan proses seleksi dengan mencocokkan berbagai macam faktor mulai dari kecocokan antara posisi dengan profil pribadi pelamar, pengalaman kerja pelamar, pengalaman organisas pelamar ataupun melalui IPK pelamar itu sendiri.

Dengan begini, hanya orang orang yang lolos seleksi lah yang akan melanjutkan ke tahap selanjutnya pada proses rekrutmen seorang karyawan di perusahaan.

Tips Membuat CV ATS Friendly

Setelah anda mengetahui pengertian ATS, kini anda akan dibawa pada pembahasan mengenai tips membuat CV ATS friendly. Untuk dapat membuat CV ATS Friendly tentu saja ada beberapa faktor yang bisa anda optimalkan agar CV anda lolos seleksi pertama.

Karena di seleksi menggunakan sistem, tentu tidak bisa dipastikan 100 persen bahwa tips yang ada akan selalu berhasil karena setiap perusahaan memiliki faktor atau requirement nya masing masing.

Minimalkan Desain CV

Tips membuat CV ATS Friendly yang pertama adalah dengan menggunakan desain CV yang simpel serta sederhana namun tetap eye catching dimata para rekruter.

Anda bisa menggunakan aksesoris ataupun melakukan highlight pada poin poin penting yang ada di CV anda. Anda bisa menggunakan kombinasi warna yang terpadu sehingga poin yang ingin anda sampaikan bisa ditangkap oleh rekruter.

Selain itu, anda tidak perlu menaruh banyak simbol atau tombol untuk menunjukkan seberapa mahir anda dalam melakukan sebuah pekerjaan. Hal ini membuat rekruter bertanya atas dasar variabel apa anda bisa menilai bahwa kemampuan anda sesuai dengan yang anda tulis.

Oleh karena itu, anda cukup menuliskan saja apakah anda hanya bisa dasar, intermediate atau anda sudah expert dalam bidang tersebut.

Gunakan Font Standar

Selain meminimalkan desain CV, anda juga diwajibkan untuk menggunakan font standar yang ada agar tips membuat CV ATS Friendly ini berhasil.

Beberapa font standar yang biasa digunakan namun memberikan kesan profesional antara lain adalah Helvetica, Times New Roman, Calibri dan masih ada banyak lainnya.

Kamu bisa melakukan googling font font standar yang biasa dipakai diperusahaan.

Sesuaikan Isi CV Dengan Posisi Yang Dilamar

Karena ATS melakukan seleksi dengan mencocokkan kata kunci antara pengalaman anda dan posisi yang berkaitan, alangkah baiknya anda selalu melakukan update pada CV anda.

Maksudnya adalah, anda tidak hanya mengandalkan 1 CV saja untuk melamar ke berbagai posisi serta perusahaan. Anda harus menekankan poin kelebihan anda pada CV semaksimal mungkin.

Misalkan, anda melamar posisi Purchasing Staff, maka isi CV yang harus anda tonjolkan adalah skill negosiasi atau komunikasi anda. Anda juga bisa menonjolkan pengalaman kerja terkait dengan Purchasing Staff atau bisa juga pengalaman ketika anda berorganisasi.

Gunakan Template Yang Sudah Tersedia

Tips membuat CV ATS Friendly yang terakhir namun paling mudah dilakukan adalah dengan menggunakan template yang sudah disediakan.

Kamu bisa mencoba berbagai macam situs yang ada di Internet seperti Kinobi ataupun Canva untuk mendapatkan template yang ada sehingga kamu tidak perlu lagi membuat atau mendesain sebuah CV yang ATS Friendly.

Akhir Kata

Memang membuat CV ATS Friendly tidak menjamin anda diterima kerja 100%. Namun dengan membuat CV ATS Friendly, anda menaikkan kemungkinan bagi anda untuk lolos seleksi tahap pertama.

Setelah anda mengetahui bagaimana cara membuat CV ATS Friendly, anda perlu tahu satu platform yang bernama kinobi dimana anda bisa membuat CV ATS Friendly dengan sangat mudah. Oleh karena itu, anda bisa membaca artikel Cara Membuat CV Kinobi Agar Lolos Seleksi ATS Friendly.