Hal Yang Bisa Dilakukan Jika Gagal Wawancara Kerja

Hal Yang Bisa Dilakukan Jika Gagal Wawancara Kerja –¬†dalam melakukan wawancara kerja terkadang tidak berjalan sebagaimana mestinya. Anda pasti akan merasakan sebuah hambatan dalam prosesnya.

Entah karena anda terlalu gugup atau anda lupa tentang hal yang seharusnya bisa anda jelaskan dengan baik, Namun faktanya wawancara kerja memang hal yang cukup sulit dilakukan.

Ada banyak persiapan yang anda harus lakukan sebelum melakukan wawancara kerja, salah satunya adalah masalah etika ketika melakukan wawancara kerja. Tips nya bisa anda temukan di artikel Etika Membuka Pintu dan Duduk Ketika Interview.

Jika anda sudah cukup melakukan persiapan yang matang namun tetap gagal dalam proses wawancara. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan jika gagal wawancara kerja, anda mungkin membutuhkan tips singkat berikut ini.

Beberapa Hal Yang Bisa Dilakukan Jika Gagal Wawancara Kerja

Hal Yang Bisa Dilakukan Jika Gagal Wawancara Kerja

Gagal dalam sebuah proses memang hal yang biasa terjadi dan anda pasti akan mengalaminya. Yang perlu anda lakukan adalah melakukan evaluasi di setiap kesempatan yang anda agar anda bisa menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Ketika anda gagal, ada beberapa hal yang bisa dilakukan jika gagal wawancara kerja yang tentu perlu anda praktekkan guna meningkatkan pengetahuan anda.

Yakin

Hal pertama yang bisa anda lakukan ketika anda menghadapi kegagalan adalah dengan meyakini bahwa semua yang ada sudah diatur oleh sang maha kuasa.

Dengan melakukan hal ini, berarti anda sudah membantu diri anda untuk menerima segala macam keputusan baik itu keputusan yang baik ataupun buruk.

Anda hanya perlu meyakini bahwa kegagalan ini adalah proses yang baik serta bisa membuat anda menjadi lebih baik lagi.

Ucapkan Terima Kasih

Hal yang bisa dilakukan jika gagal wawancara kerja yang selanjutnya adalah dengan mengucapkan terima kasih kepada rekruter ataupun pewawancara.

Keputusan apakah anda gagal atau lanjut biasanya akan terbagi kedalam dua waktu, yaitu pada saat anda interview atau ketika anda selesai interview.

Biasanya, ketika anda selesai interview, keputusan tersebut akan disampaikan melalui SMS ataupun email yang sudah anda cantumkan pada aplikasi lamaran.

Jika anda mengucapkan rasa terima kasih dan syukur kepada interviewer atau rekruter, menunjukkan bahwa anda adalah salah satu orang dengan attitude yang baik dan ini akan memberikan kesan positif kepada anda.

Bukan tidak mungkin jika anda nantinya akan direkomendasikan kepada rekan sesama rekruter karena attitude positif anda.

Mintalah Saran

Bersamaan dengan ucapan terima kasih yang akan anda kirim kepada rekruter atau interviewer, anda juga bisa meminta sebuah saran kepada interviewer atau rekruter.

Hal yang bisa dilakukan jika gagal wawancara kerja ini sangatlah efektif bagi anda untuk meningkatkan kapabilitas serta kemampuan diri anda.

Dan juga, anda jadi bisa lebih tahu aspek mana yang perlu anda tingkatkan, sempurnakan serta anda pertahankan dengan baik.

Lakukan Evaluasi

Salah satu hal yang bisa memperbesar kesempatan anda untuk mendapatkan kerja adalah dengan cepat mengevaluasi setiap kegagalan yang terjadi pada proses melamar kerja.

Anda bisa melakukan evaluasi dengan mencari tahu pada portal yang menyediakan lowongan kerja, artikel yang ada di Internet ataupun dengan berdiskusi  bersama rekan anda pada bagian personalia atau HRD.

Lakukan evaluasi pada bagian Interview, CV atau surat lamaran kerja, pengetahuan serta penampilan anda agar hasil yang anda terima lebih maksimal.

Kontak Teman Atau Rekan Anda

Hal yang bisa dilakukan jika gagal wawancara kerja selanjutnya adalah melakukan kontak dengan teman anda. Hal ini bertujuan untuk kembali mencari peluang atau lowongan pekerjaan.

Perbanyaklah melakukan silaturahmi dengan teman anda. Dengan melakukan silaturahmi, berarti anda kembali memperluas pintu rezeki bagi anda dan teman anda.

Selain itu, kontak dengan teman anda juga akan memberikan manfaat lain seperti melakukan evaluasi bersama, mencari tahu hal lain yang mungkin berguna bagi peningkatan kemampuan anda.

Cobalah Melakukan Inventarisasi Ulang

Inventarisasi ulang sangatlah penting bagi anda apabila anda merasa sudah cukup banyak mengalami kegagalan pada saat wawancara kerja atau proses melamar lainnya.

Inventarisasi ulang berarti anda kembali menyusun atau mencari tahu bakat dan kemampuan anda pada bidang lainnya. Hal ini bertujuan untuk mencari tahu apakah anda justru memiliki kesempatan yang lebih baik di tempat atau bidang lain.

Selain itu, hal ini akan bermanfaat karena anda akan mendapatkan skill atau kemampuan baru sehingga akan menjadi point plus bagi anda ketika mengalami proses melamar kerja selanjutnya.

Ini berarti, anda adalah orang yang terus melakukan improvement pada diri anda serta selalu meningkatkan value diri anda.

Mencoba Menjadi Entrepreneur

Hal yang bisa dilakukan jika gagal wawancara kerja yang terakhir adalah dengan mencoba mencari peluang lain yaitu menjadi entrepreneur.

Dengan menjadi entrepreneur, anda bisa membuka lowongan kerja bagi orang di sekitar anda. Dengan begini anda akan lebih bermanfaat bagi orang lain.

Akhir Kata

Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan jika anda menghadapi berbagai macam kegagalan ketika proses melamar kerja.

inti dari artikel ini adalah, selalu berinovasi, bergerak dan melakukan improvisasi pada diri anda agar value yang anda miliki semakin meningkat dan akan membawa diri anda pada kesuksesan.