Curriculum Vitae : Pengertian, Cara Buat Serta File Pendukung

Dalam melakukan proses lamaran kerja di suatu perusahaan, anda diharuskan untuk melakukan beberapa hal. Salah satunya adalah dengan membuat CV atau Curriculum Vitae. CV sendiri sering dikenal sebagai rangkuman hidup.

Karena fungsi CV yang penting, anda harus tahu bagaimana caranya membuat sebuah CV agar maksud dan tujuan anda dalam membuat CV bisa tersampaikan dengan baik dan benar kepada rekruter atau perusahaan tempat anda melamar.

Apa Itu Curriculum Vitae atau CV ?

Curriculum Vitae artinya salah satu sarana yang biasa digunakan oleh pelamar atau rekruter untuk mengetahui kualitas kandidat yang akan masuk ke dalam perusahaan. Mudahnya, CV adalah rangkuman hidup anda sebagai seorang pelamar.

Sesuai dengan pengertiannya, tujuan dibuatnya CV adalah untuk menyampaikan kemampuan atau kapabilitas anda sebagai pelamar kepada rekruter atau HRD perusahaan tempat anda melamar.

Hal ini dilakukan karena rekruter tidak mengenal anda sehingga sebuah CV sangatlah diperlukan guna saling mengetahui kelemahan dan kelebihan setiap kandidat atau pelamar. Dengan begini, rekruter akan bisa melakukan proses seleksi dengan lebih efektif dan juga efisien.

Bagaimana Cara Buat Curriculum Vitae Yang Menarik ?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Curriculum Vitae memiliki fungsi dan definisi yang penting sehingga anda perlu membuat sebuah CV yang menarik serta dapat menarik perhatian para rekruter atau perusahaan yang anda lamar.

CV yang menarik memiliki beberapa ciri atau komponen pendukung yang wajib anda masukkan ke dalam CV. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian rekruter atau perusahaan yang anda lamar. Dengan begini, kemungkinan anda untuk masuk ke dalam proses rekrutmen selanjutnya menjadi lebih besar.

Berikut ini adalah ciri atau komponen penunjang agar membuat CV anda menarik.

Berformat ATS Friendly

ATS Friendly sendiri adalah singkatan dari Applicant Tracking Software dimana ini merupakan sebuah program untuk melakukan sortir atau penyaringan pada CV pelamar. Software ini sangat membantu bagi para rekruter dalam melakukan seleksi awal sehingga ada banyak perusahaan yang memakai program tersebut.

Maka dari itu, anda perlu untuk membuat CV dengan format ATS Friendly. Berikut ini adalah Tips Membuat CV ATS Friendly yang bisa meningkatkan kemungkinan anda untuk lanjut ke proses rekrutmen selanjutnya karena CV anda sudah lolos seleksi pertama.

Curriculum Vitae
Contoh CV ATS Friendly

Memiliki Pengalaman Organisasi

Rekruter atau perusahaan sangatlah menyukai CV yang berbobot. Salah satu komponen yang membuat sebuah CV berbobot adalah adanya pengalaman organisasi. Terlebih lagi jika anda adalah seorang lulusan baru atau Fresh Graduate.

Secara umum, Fresh Graduate tidak memiliki pengalaman kerja sebagai nilai jual kepada perusahaan. Sebagai gantinya, pengalaman organisasi akan jadi nilai jual seorang pelamar yang dilirik oleh rekruter atau perusahaan.

Mengapa pengalaman organisasi menjadi nilai jual ? Alasannya adalah pengalaman organisasi menunjukkan seberapa aktif dan efisien anda menggunakan waktu anda ketika masa perkuliahan dulu.

Dengan berorganisasi, memastikan bahwa anda memanfaatkan waktu luang anda ketika tidak berkuliah dan memberikan manfaat kepada orang sekitar atau kampus anda. Dengan begini, perusahaan berharap bahwa anda juga bisa memanfaatkan dengan baik waktu anda sehingga membawa dampak perubahan yang signifikan bagi perusahaan.

Selain itu, berorganisasi juga bisa memberikan manfaat lain yaitu memberikan perkembangan dan pertumbuhan pada relasi yang anda miliki. Relasi ini nantinya bisa digunakan untuk mengembangkan perusahaan serta mengembangkan diri anda.

Memiliki Pengalaman Kerja

Curriculum Vitae yang menarik perhatian rekruter atau perusahaan sudah pasti memiliki pengalaman kerja di dalamnya. Pengalaman kerja bisa menunjukkan bagaimana sikap anda terhadap perusahaan.

Selain itu, fungsi dari pengalaman kerja adalah untuk mencocokkan jobdesc anda pada perusahaan sebelumnya dengan posisi yang anda lamar saat ini. Apabila Jobdesc yang tertera pada kolom pengalaman kerja sesuai dengan posisi yang dilamar, maka perusahaan tidak perlu untuk melakukan training mendalam.

Hal ini bertujuan untuk melakukan efisiensi waktu agar fungsi posisi bisa berjalan sesuai dengan semestinya. Juga, pengalaman kerja bisa memberikan sedikit gambaran bagaimana sifat loyalitas anda pada perusahaan. Apakah anda seonrag kutu loncat atau bukan.

Selain itu, anda juga bisa memasukkan beberapa achievement atau penghargaan yang pernah anda dapatkan ketika anda bekerja di perusahaan sebelumnya. Hal ini juga bisa menambah nilai jual anda sehingga rekruter akan lebih memilih anda daripada kandidat lainnya.

Desain

CV yang menarik tentu memiliki desain yang proporsional. Jika anda masih menggunakan CV sewaktu anda SMA dimana anda menaruh banyak ornamen, sebaiknya anda mulai membuat CV baru yang memiliki desain lebih sederhana namun terlihat profesional.

Desain CV yang lebih sederhana namun tetap eye-catching juga lebih mudah untuk dibaca oleh sistem ATS daripada CV yang memiliki desain colorful serta memiliki banyak ornamen. Jadi, pastikan bahwa CV anda sudah memiliki desain proporsional serta profesional.

Curriculum Vitae
Contoh dari ornamen yang berlebihan dan tidak diperlukan

Gunakan Font yang Umum

Masih berhubungan dengan desain Curriculum Vitae yang menarik, alangkah baiknya jika anda menggunakan font yang terlihat lebih profesional serta tidak memiliki bentuk yang aneh dan sulit dibaca.

Contoh font yang bisa anda pakai antara lain adalah Times New Roman, Arial, Helvetica, Calibri dan masih banyak lainnya. Hindari penggunaan font yang memiliki bentuk aneh seperti Comic Sans karena membuat CV anda tidak terlihat profesional.

Selain itu, penggunaan font yang memiliki bentuk aneh membuat CV anda tidak terbaca pada sistem ATS sehingga membuat CV anda tidak lolos seleksi. Sangat disayangkan jika isi CV anda sudah berbobot namun harus gagal hanya karena masalah font.

Curriculum Vitae
Font Yang Umum digunakan

File Pendukung Curriculum Vitae

Setelah anda berhasil membuat CV yang menarik perhatian rekruter, kini anda perlu mempersiapkan beberapa file pendukung penting lainnya yang bisa meningkatkan kepercayaan terhadap CV anda dan tentu saja diri anda.

File pendukung ini wajib anda lampirkan karena bisa memberikan rasa percaya lebih dari rekruter kepada diri anda. Dengan melampirkan file pendukung, apa yang anda tulis di dalam CV anda juga bisa menjadi bukti yang konkrit dan otentik sehingga anda tidak dicap menjadi orang yang suka membual atau berbohong.

Cover Letter

File pendukung yang pertama yang bisa anda masukkan ke dalam CV anda adalah Cover Letter. Cover Letter bisa berisikan pengenalan diri anda, informasi tentang diri anda mulai dari email, nomor handphone serta perjalanan karir anda secara singkat namun detail.

Anda juga bisa menambahkan beberapa hal lain seperti apa penghargaan non-akademik ataupun akademik serta sertifikasi yang anda miliki.

Sertifikat

Anda bisa memasukkan berbagai macam sertifikat sebagai pendukung CV anda. Terlebih lagi jika anda memiliki sertifikat yang dapat mendukung posisi yang anda lamar, kemungkinan anda untuk diterima kerja semakin besar.

Namun, anda juga tetap bisa memasukkan sertifikat lain yang tidak mendukung posisi yang anda lamar namun tetap memiliki nilai plus bagi anda. Beberapa contoh sertifikat yang dapat memberikan nilai plus antara lain sertifikasi K3, TOEFL dan masih banyak lainnya.

SKCK

SKCK juga menjadi file pendukung yang cukup penting bagi Curriculum Vitae. Bahkan sudah beberapa perusahaan yang mewajibkan pelamar untuk memiliki SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian pada saat proses rekrutmen.

Dengan adanya SKCK, menunjukkan bahwa anda tidak memiliki catatan kriminal. Dengan begini, perusahaan akan merasa lebih tenang ketika melakukan proses rekrutmen. Ini berarti anda bukan orang yang memiliki catatan kriminal sehingga bisa mengurangi resiko kriminal di perusahaan.

Ijazah dan Transkrip Nilai

Ijazah dan Transkrip Nilai merupakan file akademis yang wajib ada sebagai file pendukung untuk menunjang CV anda. Kedua hal ini bisa menjadi bukti bahwa anda sudah lulus dari universitas dan juga bisa melihat bagaimana performa atau kinerja anda ketika kuliah.

Serta bisa menjadi referensi untuk perusahaan ketika akan melakukan proses interview dengan pelamar. Dengan transkrip nilai, perusahaan bisa mengetahui kemampuan anda dalam melakukan pekerjaan melalui nilai yang berkaitan dengan posisi yang dilamar oleh pelamar.

Surat Rekomendasi

File penting terakhir yang wajib anda lampirkan di CV anda adalah Surat Rekomendasi. Surat Rekomendasi bisa ditulis oleh orang yang anda kenal dan memiliki rekam jejak yang baik. Misalkan, anda bisa meminta surat rekomendasi dari Kepala Program Studi anda ketika anda kuliah.

Atau jika anda punya pengalaman kerja yang baik, anda bisa meminta surat rekomendasi atau referensi dari atasan anda, rekan kerja, atau bawahan anda di perusahaan sebelumnya. Dengan adanya surat rekomendasi, CV anda terbilang sangat berbobot.

Kenapa Harus Buat CV Yang Menarik ?

Dengan memiliki CV yang menarik secara desain maupun isi kontennya, perusahaan akan memberikan perhatian lebih kepada para pelamar. Hal ini akan terbukti ketika anda melakukan proses interview dimana rekruter akan banyak melontarkan berbagai macam pertanyaan.

Pertanyaan pertanyaan tersebut bertujuan untuk mengenal anda lebih dalam dan lebih baik guna mencoba untuk mencocokkan kepribadian serta kemampuan anda dengan posisi yang dilamar ataupun posisi lain yang mungkin akan lebih cocok bagi anda.

Namun, anda juga perlu berhati hati ketika menjawab pertanyaan pertanyaan tersebut karena terkadang pihak rekruter juga sedang mencoba mengorek informasi yang bersifat rahasia dari anda.

Kapan Waktu Terbaik Untuk Mengirim CV ?

Dalam mengirim sebuah CV, diperlukan waktu yang pas agar CV yang anda kirim bisa langsung diterima dan dibaca oleh rekruter. Maka dari itu, anda bisa mencoba mengirim CV diwaktu waktu sebagai berikut ini :

  • Pagi hari (Mulai Pukul 08.00 – 09.00) merupakan waktu terbaik yang bisa anda lakukan untuk mengirim CV milik anda. Alasannya adalah karena biasanya rekruter baru mulai bekerja dan melakukan pengecekan email terlebih dahulu pada jam jam tersebut.
  • Siang hari (Mulai pukul 13.00 – 13.30).

Jangan mengirim CV anda pada waktu waktu berikut ini :

  • Sore hari (Mulai pukul 16.00 – 17.00),  di jam tersebut merupakan jam jam tanggung dimana biasanya rekruter sudah jarang melakukan pengecekan email. Selain itu, banyak juga perusahaan dimana jam tersebut sudah masuk jam pulang sehingga CV anda tidak akan terbaca.
  • Malam hari (Diatas pukul 18.00). Jangan sekali kali anda mengirim CV pada jam jam berikut ini. Mungkin beberapa dari anda berpikir bahwa dengan mengirim pada malam hari, CV anda akan dilihat lebih dulu keesokan harinya. Padahal tidak, CV anda akan tertumpuk dengan email pekerjaan yang masuk serta email orang yang baru mengirim CV pada pagi hari sehingga kemungkinan CV anda dibaca sangatlah kecil.

Selain jam jam tersebut, usahakan anda tidak mengirim Curriculum Vitae anda pada weekend atau hari libur lainnya. Alasannya kurang lebih sama dengan ketika anda mengirim CV pada malam hari.

Kemana CV Harus Dikirim ?

Kini anda sudah berhasil membuat CV yang berisi info berbobot serta berkualitas, anda harus mengirim CV anda ke perusahaan yang anda inginkan. Anda bisa mengirim CV melalui berbagai macam cara yang tersedia.

Biasanya, proses lamaran kerja yang mengharuskan anda mengirimkan CV dilakukan melalui email. Namun, anda juga bisa mengirimkan CV anda melalui whatsapp atau aplikasi chatting lainnya. Memang cara ini terkesan kurang profesional, akan tetapi sudah banyak sekali perusahaan yang mencoba cara ini.

Selain melalui email atau aplikasi chatting, anda bisa memanfaatkan situs situs lowongan kerja seperti Linkedin, Indeed, Jobstreet atau melalui situs perusahaan yang terkait secara langsung.

Akhir Kata

Setelah mengetahui bagaimana isi Curriculum Vitae yang baik, kini anda sudah bisa memulai untuk melamar sebuah pekerjaan dengan lebih profesional. Satu hal lagi, pastikan CV yang anda simpan sudah dalam bentuk PDF sehingga rekruter tidak kesulitan mendownload surat lamaran kerja milik anda.